Cara Mencari Informasi Sekolah Melalui situs Kemdikbud

Bagaimana cara mencari informasi sekolah untuk anak kita? Terkadang kesulitan untuk mencarikan sekolah yang terbaik sesuai kebutuhan. Kadang karena kurang tahu informasi sekolah, lalu mendaftarkan anak untuk sekolah ditempat asalan, yang penting anak sekolah. Sebenarnya informasi sekolah itu juga sangat penting untuk menentukan arah pendidikan anak.


Ada alamat situs yang menyediakan tentang informasi sekolah. Menurut penulis, infomasi sudah cukup komplit karena nampaknya semua sekolah sudah terdaftar di situs tersebut. Anda bisa mengunjungi situ kemdikbud untuk memperoleh data informasi sekolah. Untuk alamat situs lengkapnya di sekolah.data.kemdikbud.go.id.

Pada situs kemdikbud tersebut sudah komplit. Untuk pencarian informasi sekolah bisa spesifik lokasinya. Misalkan ketika ingin mencari informasi sekolah di kabupaten "Surakarta" untuk spesifiknya ada opsi kecamatan (misal kecamatan"jebres"). Lalu ada jenjangnya, dan lain sebagainya. Jadi untuk pencarian informasi sekolah bisa sesuai keinginan anda.

Jenjang Pendidikan Sekolah
Jenjang pendidikan sekolah di situs kemdikbud nampak juga sudah komplit. Anda bisa mencari informasi mulai dari TK, KB, TPA, SPS, SD, SMP, SMA, dan lain sebagainya. Lalu untuk status sekolah ada yang negeri dan swasta. Jadi pengguna bisa mengetahui sekolah swasta yang mana dan sekolah negeri yang mana. Lalu untuk tingkat akreditasi. Di situs tersebut juga sudah ada opsi untuk pencarian pada Akreditasi sekolah.

Data Informasi Sekolah
Untuk data informasi sekolah meliputi jumlah Guru, jumlah siswa, Rombongan belajar, Kurikulum yang digunakan, peta lokasi sekolah, perpustakaan, dan lain sebagainya. Untuk informasinya nampak komplit.

Cara Mencari Informasi Sekolah Melalui situs Kemdikbud
Berikut dibawah ini cara untuk mencari informasi sekolah melalui situs kemdikbud.


1. Masuk / buka / akses ke situs kemdikbud yaitu sekolah.data.kemdikbud.go.id
2. Masukkan data sekolah mana yang ingin diketahui
3. Pilih Kabupaten atau kota sekolah yang ingin diketahui
4. Pilih Kecamatan sekolah
5. Pilih jenjang sekolah
6. Pilih status sekolah
7. Atau dengan cara cepat masukkan nama sekolah (kalau menggunakan cara 1 sampai 7 kolom ini bisa dikosongi)
8. Lalu klik menu "CARI SEKOLAH" yang berada dibawahnya.
9. Tunggu proses, setelah itu muncul daftar sekolah. Pilih / klik sekolah yang ingin diketahui datanya.
10. Selamat, sampai disini anda sudah bisa mengetahui informasi tentang sekolah.

Semoga dengan bantuan tersebut, bisa membantu anda untuk menyekolahkan anak anda sesuai yang terbaik. Dan semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semua.


sumber