UN Esai Akan Diujicobakan Kemendikbud Untuk SMP dan SMA

KEMENDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) masih menguji tentang UN dalam bentuk Esai. Untuk saat ini masih dalam tahap pengujian dan kabarnya akan diuji coba sebelum UN Esai diterapkan menyeluruh untuk SMP dan SMA.


Dari informasi yang beredar menjelaskan bahwa Ujian Nasional dalam bentuk Esai tersebut untuk jumlah soal Esainya tidak terlalu banyak. Mungkin nantikan akan banyak dijumpai pada USBN (Ujian Nasional Berstandar Nasional).

"(UN esai) masih uji coba, sebelum nanti diterapkan secara menyeluruh," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (14/12/2017).

Baca juga :

Untuk kedepannya USBN akan terdapat banyak soal dalam bentuk Esai dan akan ada musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk mengoreksi USBN tersebut. Soal Esai tersebut nantinya akan dikoreksi satu per satu. Untuk sistem penilaiannya nanti juga ada pedomannya (dalam mengoreksi soal esai).

Untuk saat ini pelaksanaan UN yang berbasis Komputer (UNBK), pada penerapan soal dalam bentuk esai masih belum memungkinkan untuk diterapkan. Masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan semoga saja kedepannya bisa segera di terapkan jenis soal tersebut kedalam UNBK.