Ada Wajib PAUD Minimal 1 Tahun Sebelum Masuk Sekolah Dasar?

Pendidikan Anak Usia Dini atau yang saat ini lebih dikenal sebagai PAUD saat ini sudah sangat populer. Para orang tua ada yang sudah melaksanakan atau menyekolahkan anak ke PAUD tersebut untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. Biasanya PAUD ini dilakukan oleh anak yang belum masuk ke TK (Taman Kanak kanak). Jadi anak yang belum masuk ke TK terlebih dahulu mereka masuk ke PAUD. Nah, setelah ke PAUD maka anak tersebut masuk ke pendidikan TK.


Pendidikan PAUD kalau dulu di era 1990an mungkin belum ada, dan nampaknya memang belum lama PAUD tersebut ada. Ada banyak hal yang diajarkan pada pendidikan PAUD. Mungkin yang paling mendasar adalah bisa melatih anak untuk bersisoalisasi atau bisa memberikan keberanian terhadap anak ketika bertemu dengan lain. Selain itu, pastinya juga ada banyak manfaat lainnya yang mendukung perkembangan anak di usianya.

Sebagai dasar pembangunan insan berkualitas, pendidikan anak usia dini (PAUD) akan berpengaruh pada penurunan angka drop out kelas awal SD (SD) & menaikkan prestasi belajar. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar.

PAUD berkualitas merupakan alat yang paling digdaya buat memformat kualitas insan yang menciptakan secara berkelanjutan kesehatan & kesejahteraan manusia, lingkungan, & ekonomi jua akan mensugesti kualitas kehidupan. Pencanangan Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra SD wajib  segera dilaksanakan di semua wilayah Indonesia.

Kedepannya pemerintah baik pemerintah sentra juga pemerintah wilayah beserta rakyat harus sanggup menjamin anak wanita dan pria mempunyai akses terhadap perkembangan dan perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan prasekolah dasar yang berkualitas, sebagai akibatnya mereka siap buat menempuh pendidikan dasar.

Direktur Pembinaan PAUD, Ella Yulaelawati berharap melalui banyak sekali dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah wilayah dapat berkomitmen secara nyata & substantif untuk memajukan PAUD pada wilayahnya masing-masing. Pemerintah sentra sudah membantu dengan menaruh Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD.


sumber