Jadwal USBN Tingkat SD Sudah Dirilis, Yaitu Tanggal 3 sampai 5 Mei 2018

Hari ini ada kabar bahwa jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk tingkat SD sudah dirilis. Pada USBN tahun ajaran 2017 / 2018 akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Mei hingga 5 Mei 2018. Untuk sekarang Ujian Akhir Sekolah dirubah menjadi Ujian sekolah Berstandar Nasional atau lebih disingkat USBN.

sumber sekolahdasar.net


Mata pelajaran apa saja yang akan diujikan pada USBN tingkat SD tahun ini? Dari informasi yang beredar menjelaskan bahwa USBN tingkat SD / MI atau sederajat tahun ini akan mengujikan tiga mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tidak menggunakan 8 mata pelajaran yang dulu pernah dikabarkan.

Lanjut lagi, untuk jadwal Ujian sekolah yang susulan bagi siswa yang tidak bisa hadir (berhalangan hadir) akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei hingga 9 Mei 2018. Untuk waktunya jusa seperti biasa yaitu mulai pukul 08.00 hingga 10.00. semoga semua siswa bisa hadir dengan tepat waktu serta tanpa mengikuti ujian susulan.

Berapa jumlah soal dari setiap mata pelajaran yang akan diujian? Pada bahasa Indonesia kabarnya ada sebanyak 45 yang akan diujikan dengan komposisi 40 soal untuk pilihan ganda dan 5 soal untuk uraian. Pada Matematika ada 35 soal dengan komposisi 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Lalu pada mata pelajaran IPA ada 40 soal yang terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

lalu bagaimana dengan prosedurnya agar bisa melaksanakan USBN tingkat SD dengan benar? Pihak BSNP telah merilis Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau disingkat menjadi POS USBN untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Nah, POS tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan USBN tingkat SD tahun ini.

DOWNLOAD POS USBN UNTUK SD TAHUN 2018 DARI BSNP

Soal Ujian pada USBN tingkat SD disiapkan oleh guru mata pelajaran yang telah disiapkan pada satuan Pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG).

semoga USBn tingkat SD tahun ini bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa mencapai hasil yang maksimal.