Download Buku SD Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya Kurikulum 2013

Selamat Pagi adik - adik yang saat ini masih duduk dibangku SD kelas 3. Kali ini ada Buku SD Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya Kurikulum 2013 yang telah dirilis untuk menambah referensi belajar (buku pegangan). Buku tersebut bisa di download mellaui link yang ada dibawah.


Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.

Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas III SD/MI yang pada hakekatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan peserta didik, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai peserta didik. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas III SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik Kelas III SD/ MI untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, peserta didik Kelas III SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner dimana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks peserta didik dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang tindih antar materi pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh peserta didik.

Buku SD Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya Kurikulum 2013 kali ini adalah buku siswa yang merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang memudahkan para siswa kelas 3 sd terlibat aktif dalam pembelajaran. Buku siswa ini didesaign dilengkapi dengan gambar yang berwarna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa. Selain itu, Buku SD Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya Kurikulum 2013 dilengkapi dengan penjelasan yang lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam buku Panduan Guru.

Didalam buku SD Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya Kurikulum 2013 terdiri dari 152 halaman yang sudah dirangkum dalam format PDF. Ada materi yang lengkap dan ada soal latihan juga. Untuk link downloadnya ada dibawah.