Download Soal USBN SD 2018 IPA dan Kunci Jawabannya (Tryout)

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat SD akan dilaksanakan sebentar lagi. Kali ini ada soal USBN SD 2018 IPA dan Kunci Jawabannya yang siap untuk di download. Untuk link downloadnya ada dibawah. Pada Soal dan jawaban USBN tingkat SD tahun 2018 kali ini membahasa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


Mulai tahun 2018 atau tahun ajaran 2017 / 2018 , Ujian sekolah yang dilaksanakan pada tingkat SD akan berbeda dengan tahun pelajaran yang sebelumnya. Ujian Sekolah kali ini adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Jadi yang membuat soal pada ujian tersebut akan berbeda dengan tahun yang lalu. Nah, Untuk kisi - kisinya sudah dirilis beberapa waktu yang lalu, dan kali ini ada soal latihan / Tryout untuk USBN tahun ajaran 2017 / 2018. Semoga dengan adanya soal latihan USBN kali ini bisa bermanfaat bagi semua terutama siswa yang saat ini duduk dibangku SD kelas 6.

Berapa jumlah mata pelajaran yang diujikan dalam USBN tingkat SD tahun 2018? ada tiga mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tahun 2018 tingkat SD. Ketiga mata pelajaran tersebut adalah bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jadi mungkin untuk mata pelajaran yang diujikan masih sama dengan tahun yang lalu.

Berikut dibawah ini adalah contoh soal USBN yang ada pada tryout IPA Kali ini.

Hewan berikut yang berkembang biak dengan cara vivipar adalah . . . .
A. paus dan serigala
B. bangau dan kura-kura
C. ular dan burung elang
D. ikan remora dan burung hantu

Beruang kutub merupakan hewan yang hidup di daerah kutub. Pada saat musim dingin, beruang kutub menyesuaikan diri dengan cara . . . .
A. makan sebanyak-banyaknya 
B. merontokkan rambutnya 
C. melakukan hibernasi
D. melakukan migrasi

Berikut yang tidak termasuk manfaat penanaman pohon bakau di sepanjang pantai adalah . . . .
A. menghasilkan garam mineral 
B. menjaga ketersediaan oksigen
C. sebagai tempat berkembang biak udang
D. sebagai sumber makanan bagi hewan pantai

Petani buah menggunakan pupuk kimia untuk meningkatkan hasil produksi. Akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan terhadap keseimbangan alam adalah       . . . .
A. tanah dan air menjadi tercemar
B. populasi hama meningkat pesat
C. populasi gulma meningkat pesat
D. hewan dalam tanah akan semakin banyak


Pada soal latihan USBN untuk pendidikan tingkat SD kali ini terdiri dari 4 file. Yang mana ada empat kali latihan / tryout USBN tingkat SD. Nah, kesemua file tersebut membahas mata pelajaran IPA. Berikut dibawah ini adalah link download soal tryout USBN SD 2018 IPA dan Kunci Jawabannya.

Pada soal tryout kali ini terdiri dari 10 lembar yang berisikan 40 soal latihan USBN tingkat SD. lalu ditambah lagi kunci jawaban yang lengkap, Lalu ditambah lagi contoh lembar jawaban untuk USBN.


Soal Tryout 1 USBN SD 2018 - IPA | Soal Tryout 2 USBN SD 2018 - IPA | Soal Tryout 3 USBN SD 2018 - IPA | Soal Tryout 4 USBN SD 2018 - IPA