Keren! USBN Tingkat SMA di Sulawesi Selatan Menggunakan Perangkat Berbasis Android

Saat ini adalah eranya Komputer. Ujian Sekolah saja sekarang sudab berbasis Komputer. Tetapi ada hal yang nampak berbeda kali ini. Karena USBN tingkat SMA di Sulawesi Selatan Menggunakan perangkat berbasis Android. yang mana USBN atau Ujian berbasis komputer tingkat sekolahan masih menggunakan komputer berbasis Windows. Keren, kan? Ujian berbasis komputer menggunakan Android.


Siapa yang tidak tahu Android saat ini? Pastinya sebagian besar sudah tahu apa itu Android. Apalagi anak - anak mudah dan anak - anak sekolah saat ini, pastinya sudah tahu apa itu Android. Android pada umumnya digunakan sebagai sistem operasi Mobile seperti Smartphone dan perangkat Tablet. Meskipun ada juga perangkat komputer yang telah menggunakan sistem operasi Android. Tapi untuk perangkat komputer saat ini nampak masih didominasi 3 jenis sistem operasi yaitu  Windows, Linux, dan Macos. Sebagian besar orang saat ini sudah sangat familiar dengan sistem operasi Windows yang mana sudah digunakan umum pada laptop, komputer baik di sekolah, dirumah, dikantor dan lain sebagainya.

Nah, saat ini kabarnya ada sekolahan yang telah menggunakan sistem operasi Android sebagai media untuk Ujian Online. Padahal saat ini sebagian besar masih menggunakan sistem oeprasi Windows. Kabarnya USBN di tingkat SMA Sulawesi Selatan, ada para siswanya menggunakan sistem operasi Android untuk ujiannya.

"Kami mendorong agar bukan hanya ujian nasional, tetapi ujian sekolah juga sudah berbasis komputer, bahkan Android," kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo di Makassar, Senin (19/3/2018).

Kabarnya sudah ada aplikasi yang di siapkan oleh Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan. Saat ini sudah ada lima aplikasi khusus USBN yang telah diisi dengan soal - soal yang dibuat oleh team dan disimpan dalam bank soal. jadi didalam aplikasi android tersebut sudah ada soal dan siswa tinggal menggunakan untuk menjawabnya.

Perkembangan teknologi saat ini memang cukup pesat terutama pada sistem operasi Android. Sistem operasi Android sudah cukup populer dan digemari oleh banyak orang sehingga muncullah aplikasi - aplikasi pendidikan yang bermanfaat bagi para siswa.

Ada semulah sekolah yang telah menggunakan Androis sebagai sistem operasi untuk melaksanakan USBN. Sekolah - sekolah tersebut diantaranya adalah SMA 10 Makassar, SMA 9 Makassar, SMA 16 Makassar, dan SMA 15 Makassar. Nah, sekolah tersebut kabarnya ketika ada USBN, sistem operasi yang digunakan sudah tidak menggunakan Windows lagi tetapi telah diganti menggunakan sistem operasi Android. jadi USBN berbasis Android.

"SMA 10 misalnya, dari 10 ruangan peserta ujian tujuh diantaranya menggunakan komputer dan 3 lainnya sudah menggunakan Android," kata Irman.

Bahkan di SMA 18 Makassar, menurut dia, dari 14 ruangan peserta ujian, hanya 1 ruangan yang menggunakan komputer dan 13 ruangan lainnya sudah berbasis Android.

Semoga dengan berkembangnya teknologi bisa membuat pendidikan di Indonesia bisa lebih meningkat dan memperoleh hasil yang memuaskan.