Masih Bisa Daftar di SD Negeri Karena Kuota Belum Penuh?

Kabar pendidikan kali ini adalah dari Sidoarjo. Pendidikan tingkat SD yang telah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru dan nampaknya masih ada sekolah Negeri yang Kuotanya belum penuh. Dan hari ini sudah mulai dilaksanakannya Tahun ajaran baru. Siswa sudah mulai masuk sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, tetapi masih tetap menerima calon siswa yang mau mendaftar di sekolah negeri tersebut.


Kabarnya masa terakhir PPDB SD Negeri yang belum penuh kuotanya ada toleransi sampai masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selesai. Mungkin Rabu lusa kegiatan MPLS nya usai (18/7/2018).

Upaya dikbud tersebut bertujuan mengakomodasi siswa yang sudah usia sekolah. ''Prinsipnya akseptabilitas. Yang sudah 7 tahun harus sekolah,'' katanya.

Namun, sekolah bisa menerima pendaftar asal kuota masih tersedia. Kalau yang sudah penuh, tentu tidak diperbolehkan menerima calon siswa.

''Pengalaman tahun sebelumnya, tidak apa-apa diterima saat MPLS. Dengan catatan, kuota sekolah masih ada,'' ujarnya.

Salah satu sekolah yang masih menerima anak didik baru adalah SDN Wonocolo 2 Taman. Hingga kemarin (15/7), jumlah pendaftarnya hanya 19 siswa. Artinya, kuota belum terpenuhi.

Semoga dengan adanya perpanjangan waktu untuk pemenuhan kuota peserta didik baru bisa bermanfaat bagi adik - adik yang belum memperoleh sekolah. Dan semoga saja semua yang ingin mendaftar sekolah bisa memperoleh sekolah yang diinginkan dan bisa bersekolah bersama untuk meraih cita - cita masa depan.

sumber